SAH, BLAMBANGAN EKSPRES TUJUAN BANYUWANGI-JAKARTA RESMI BEROPERASI, JADI KA DENGAN RUTE TERPANJANG DI INDONESIA SEJAUH 1.031 KM

KA Blambangan Ekspres Banyuwangi-Jakarta diluncurkan 26 Juli 2024



Harapan masyarakat - Banyuwangi khususnya - untuk menikmati perjalanan kereta api tujuan Jakarta tanpa transit, akhirnya terwujud. 

Jumat Wage, 26 Juli 2024, menjadi hari bersejarah saat KA Blambangan Ekspres rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi) - Pasar Senen (Jakarta), diresmikan. 

Inilah kali pertama ada kereta api rute Jakarta-Banyuwangi PP langsung tanpa transit di Surabaya. Sekaligus menjadi kereta api dengan rute terpanjang di Indonesia, sejauh 1.031 kilometer!

Peluncuran rute baru KA Blambangan Ekspres ini dilakukan oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersama Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (Persero) Hadis Surya Palapa.

Sebelumnya, rute kereta ini hanya sampai Semarang Tawang. Perpanjangan ini direspon positif oleh masyarakat Tapal Kuda yang banyak bepergian ke Jakarta. 

Dilansir dari Antaranews.com, Hadis menyebutkan, KA Blambangan Ekspres kini menjadi kereta dengan jarak tempuh terjauh yang dioperasikan oleh KAI, yaitu 1.031 kilometer. Jarak sejauh itu akan ditempuh dalam waktu 16 jam 25 menit. 

Disisi lain, Bupati Ipuk berharap rute tambahan ini akan meningkatkan kunjungan wisata ke Banyuwangi dan meminta rute kereta ke Malang (dari Banyuwangi) juga diperbanyak.

Pada keberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres menuju Jakarta pada Jumat (26/7), terdapat 71 penumpang yang naik dari Stasiun Ketapang. Sementara itu, total tiket yang terjual untuk keberangkatan dari Daop 9 Jember mencapai 278 tiket atau 68 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Makna Jumat Wage Pada Peluncuran KA Blambangan Ekspres


Menurut primbon Jawa, weton Jumat Wage memiliki neptu 10 berdasarkan kombinasi nilai Saptawara dan Pancawara. Neptu 10 ini berasal dari nilai hari Jumat yang berjumlah 6 dan nilai pasaran Wage yang berjumlah 4.

Dalam primbon Jawa, weton Jumat Wage dikenal memiliki watak pengasih dan mudah merasa iba kepada sesama. Sifat ini menjadikan mereka sebagai sosok yang penolong. Orang-orang yang lahir pada Jumat Wage juga terkenal dengan kejujuran dan kemurnian hati. Mereka setia baik kepada pasangan maupun teman.

Selain itu, orang dengan weton Jumat Wage cenderung tegar dan konsisten dalam keputusan yang diambil. Mereka tidak mudah terpengaruh untuk mengubah keputusan dan dikenal rendah hati, tidak suka memamerkan kemampuan yang dimiliki.

Peluncuran KA Blambangan Ekspres pada Jumat Wage diharapkan membawa energi positif dan manfaat baik bagi pengguna kereta api di Indonesia.

Dengan karakteristik yang positif dari weton ini, peluncuran ini diharapkan meningkatkan pelayanan dan kepuasan penumpang, serta mendukung peningkatan kunjungan wisata di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Rute, Jadwal Dan Harga Tiket KA Blambangan Ekspres

Berdasarkan keterangan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), selama perjalanan KA ini akan berhenti di sejumlah stasiun di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Artinya, KA Blambangan Ekspres akan melewati lima Daerah Operasi PT KAI sekaligus, yakni DAOP 1,3, 4, 8, dan 9. 

Secara keseluruhan, KA Blambangan Ekspres akan melayani dan berhenti di 27 stasiun, yaitu :

Pasar Senen - Bekasi - Karawang - Cirebon - Tegal - Pekalongan - Semarang Tawang Bank Jateng - Ngrombo - Cepu - Bojonegoro - Lamongan - Surabaya Pasar Turi - Surabaya Gubeng - Sidoarjo - Bangil - Pasuruan - Probolinggo - Klakah - Tanggul - Rambipuji - Jember - Kalibaru - Kalisetail - Termuguruh - Rogojampi - Banyuwangi Kota - Ketapang.

KA Blambangan Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Ketapang pukul 14:50 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 07:15 WIB keesokan harinya. 

Sebaliknya, kereta ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12:15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang (Banyuwangi) pukul 04:55 WIB.

Total kapasitas kereta ini adalah 408 tempat duduk, yang terbagi dalam dua layanan, yaitu kelas eksekutif dan ekonomi new generation.

Sebagai kereta dengan rute terpanjang di Indonesia, KA Blambangan Ekspres menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi new generation yang dilengkapi dengan model kursi terbaru, yaitu captain seat berkapasitas 72 tempat duduk konfigurasi seat 2-2 searah laju kereta.

Kursi captain seat memungkinkan penumpang mengatur sudut kemiringan tempat duduk atau reclining serta dapat disesuaikan searah laju kereta atau berhadapan (revolving). Fitur ini menjadikan perjalanan dengan KA Blambangan Ekspres semakin nyaman dan menyenangkan.

Selain kelas ekonomi new generation, KA Blambangan Ekspres juga menggunakan rangkaian eksekutif dengan kapasitas 48 penumpang konfigurasi seat 2-2 searah laju kereta.

Untuk harga tiket untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres dari Banyuwangi ke Jakarta adalah Rp505.000 untuk kelas ekonomi dan Rp775.000 untuk kelas eksekutif. Untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi "access by kai" atau mitra penjualan tiket KA.

KAI berharap dengan perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi kereta api, terutama di jalur yang dilewati, yaitu antara Jakarta hingga Banyuwangi. 




Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top