Kereta Api Rute Banyuwangi - Jakarta Via Semarang Siap Meluncur!

KA Blambangan Ekspres siap melayani rute Banyuwangi-Jakarta (Instagram @irjanailalulya)

Kabar baik bagi warga Banyuwangi dan sekitarnya. Harapan masyarakat untuk memiliki perjalanan kereta api langsung ke Jakarta akan segera terwujud dalam waktu dekat. Rute Kereta Api Banyuwangi-Jakarta via Semarang akan segera diresmikan pada Juli 2024. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Dinas Perhubungan Banyuwangi melalui akun Instagram resmi mereka, @dishub.banyuwangi, dengan pesan "Coming Soon Banyuwangi-Jakarta via Semarang Juli 2024."


Kabar ini disambut antusias oleh masyarakat, terbukti dari banyaknya komentar positif di postingan Dishub Banyuwangi.

"Halooo ini yang ditunggu tunggu", sambut akun @jejaknoped. Sedangkan akun @pecinta_keretaapi mengungkapkan kegembiraannya dengan komentar singkat "Menyala Banyuwangi ku 🔥".




Pembukaan rute baru ini diharapkan membawa dampak positif bagi berbagai sektor, termasuk meningkatkan konektivitas antar daerah dan membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi, kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa.

Rute Kereta Api Banyuwangi-Jakarta juga menawarkan alternatif transportasi yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Jakarta. Selain itu, rute ini bisa menjadi pilihan menarik bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Banyuwangi, selain menggunakan bus dan pesawat.

PT KAI Daop 9 Jember sebelumnya telah melakukan survei untuk mengukur potensi pasar dan minat masyarakat terhadap perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres yang menghubungkan Banyuwangi dengan Jakarta.

Hasil survei menunjukkan respon positif dari masyarakat, yang menginginkan adanya perjalanan KA langsung dari Banyuwangi ke Jakarta dan sebaliknya.

Dua Opsi Kereta


Ada dua opsi yang dipertimbangkan untuk melayani rute Banyuwangi-Jakarta PP ini, yaitu :




Yang pertama, memperpanjang rute KA Blambangan Ekspres (Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng PP) 

Kedua, memperpanjang rute KA Pandalungan (Jember-Gambir PP). 

Namun, dengan beberapa pertimbangan, PT KAI tampaknya akan memilih opsi memperpanjang rute KA Blambangan Ekspres hingga ke Stasiun Senen Jakarta.

Sangat menarik apalagi KA Blambangan Ekpres saat ini sudah menggunakan rangkaian Kereta Ekonomi New Generation versi modifikasi sejak 18 Juni 2024. 

Pembaruan kereta Kelas Ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi tegak berhadapan 80 tempat duduk menjadi Kereta Ekonomi New Generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk sehingga leg room-nya menjadi lebih luas,

Jenis kursi yang digunakan yaitu tipe captain seat yang membuat pengguna KA semakin nyaman saat bersandar. Selain itu, kursi tersebut dapat diatur kemiringannya dan dapat disesuaikan arah hadapnya.

Disisi lain, perubahan juga dilakukan di bagian interior kabin, adanya lampu tidur untuk perjalanan malam, mushola, toilet yang mewah serta kereta makan minimalis.

Meskipun pengumuman operasional KA Banyuwangi-Jakarta pada Juli mendatang sudah diumumkan oleh Dishub Banyuwangi, namun belum ada informasi resmi dari PT KAI terkait hal tersebut. 

Sabar ya, segalanya akan indah pada waktunya.




Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top